Meskipun lonjakan dalam belanja bahan makanan online, Amazon masih menghadapi peningkatan berjuang untuk pangsa pasar. Mungkin lebih mudah untuk membeli supermarket.

Supermarket telah menunggu beberapa tahun sampai Amazon membuat berikutnya bergerak di pasar ritel makanan Inggris yang mendekati £ 200 miliar. Dan itu terjadi minggu ini perusahaan Amerika itu mengungkapkan rencananya untuk memperluas layanan grosir online-nya Amazon Fresh.

Amazon telah memenangkan jutaan orang Inggris dengan pengiriman cepat buku, mainan. Dan kebutuhan rumah tangga di depan pintu rumah mereka. Selain itu, virus corona penguncian telah menjadikannya jalur kehidupan bagi beberapa rumah tangga.

Pada hari Kamis, Amazon mengatakan penjualan global melonjak 40% menjadi $ 88,9 miliar tiga bulan hingga 30 Juni. Dengan pengecer online paling kuat di dunia lapar akan lebih banyak pertumbuhan.

Fresh telah beroperasi dengan sedikit kemeriahan di London. Dan kabupaten asalnya beberapa tahun tetapi pengecer online telah menjanjikan ketersediaan yang lebih luas pada akhirnya tahun 2020. Termasuk di kota-kota besar seperti Birmingham, Manchester dan Edinburgh.

Demi Mendapatkan Pelanggan

Untuk memenangkan pembeli, Amazon menawarkan layanan ini. Sebagai keuntungan baru bagi Diperkirakan 15 juta warga Inggris dibayar sebagai anggota keanggotaan Perdana skema. Yang menawarkan ekstra seperti pengiriman lebih cepat dan layanan streaming untuk £79 biaya tahunan.

“Pengiriman bahan makanan adalah salah satu bisnis dengan pertumbuhan tercepat di Amazon,” kata Russell Jones, manajer negara, Amazon Fresh UK. “Kami akan terus berkembang pengalaman berbelanja bahan makanan jadi pada akhir tahun. Jutaan Prime anggota di seluruh Inggris Raya akan memiliki akses ke pengiriman bahan makanan yang cepat dan gratis. ”

Langkah ini diatur untuk memanfaatkan kebiasaan belanja baru. Belanja baru yang ditempa selama pandemi ketika banyak rumah tangga memilih untuk membeli bahan makanan mereka secara online untuk pertama. Ocado baru-baru ini mengungkapkan memiliki daftar tunggu 1 juta pelanggan setelahnya gudang otomatisnya kesulitan mengatasi lonjakan permintaan yang sangat besar.

“Dunia yang kita kenal telah berubah,” kepala eksekutif Ocado, Tim Steiner, kata pada saat itu, menambahkan bahwa kondisi yang diciptakan oleh krisis kesehatan yang dimaksud “Bertahun-tahun pertumbuhan di pasar grosir online [telah] diringkas menjadi masalah bulan”.

Pada awal penguncian, toko online menyumbang sekitar 7% dari total Inggris penjualan ritel makanan, menurut analis pasar grosir di Kantar. Hari ini angka berdiri di 13%.

Amazon membawa layanan Fresh dari AS pada tahun 2016. Dan berikut ini tahun menyebabkan badai ketika menghabiskan lebih dari £ 10 miliar untuk rantai makanan organik Pasar Makanan Utuh. Tetapi alih-alih melakukannya sendiri di sini Amazon telah menempatkan bersama-sama makanannya melalui kemitraan. Dengan rantai lokal termasuk Morrisons dan Booth jaringan regional kelas atas.

Pilihan yang Cukup Lengkap

Hubungan dengan produsen merek bahan makanan utama seperti Pepsi, Cadbury dan Heinz berarti layanan Segar membawa “puluhan ribu produk ”. Pilihan yang cukup lengkap untuk toko mingguan.

Tapi Fresh memiliki gunung untuk didaki. Amazon saat ini hanya memiliki 3% dari Inggris pasar grosir online, dibandingkan dengan Ocado 14%. Dan Tesco lebih dari 30%, menurut peneliti pasar Mintel.

“Amazon harus bekerja sangat keras untuk menghilangkan loyalitas orang ke supermarket mereka yang sudah ada”. Kata Bryan Roberts, pengecer independen analis. “Tergantung di mana Anda tinggal, orang-orang adalah Tesco, Sainsbury’s, Asda. Atau pembeli Morrisons dan ketika mereka online lebih cenderung membeli dari pengecer tersebut. Hal tersebut karena mereka terbiasa dengan kisaran dan harga serta label pribadi. “

Dia menambahkan: “Salah satu hal besar yang diabaikan semua orang adalah rumah toko pengiriman saat ini brilian. Tetapi itu karena semua orang ada di rumah. Cepat maju 12 hingga 18 bulan, itu tidak selalu menjadi masalah. “

Amazon memiliki 14 depot yang mampu menangani bahan makanan di seluruh negeri. Dan mengatakan telah memperluas jaringan pemenuhannya di lokasi-lokasi utama untuk menangani permintaan pelanggan yang diharapkan. Namun pengamat menilai hal itu belum memadai infrastruktur untuk menawarkan layanan pengiriman bahan makanan yang kompetitif secara nasional. 

Mengurangi Pilihan Serta Kualitas Produk

Namun. Tahun lalu, usulan merger Sainsbury’s dan Asda diblokir oleh pengawas persaingan. Yang berpendapat bahwa kesepakatan £7bn yang diusulkan mengancam mendongkrak harga. Dan mengurangi pilihan serta kualitas produk yang dijual di toko.

Tidak ada tindakan kesepakatan sejak saat itu. Analis berpikir jika Amazon adalah kepala eksekutif, Jeff Bezos, ingin membuat gelombang di sini harus membeli incumbent. Dengan Asda atau Morrisons milik Walmart menjadi target yang paling mungkin.

“Amazon mungkin akan menjadi pemain kunci berikutnya dalam konsolidasi apa pun di industri, terutama jika. Seperti yang diputuskan di AS, itu satu-satunya cara nyata. Cara untuk bergerak ke kanan di toko bahan makanan berarti membeli properti toko”. Kata Clive Black, seorang analis di pialang saham Shore Capital.

“Asda akan dijual dan firma ekuitas swasta besar Amerika sedang melihatnya. Kita tidak dapat mengesampingkan hal itu meskipun Walmart dan Amazon akan saling berhadapan di negara bagian saat ini. Mereka juga memiliki hubungan formal dengan Morrisons. “