Syukurlah, era belanja online membuat mendapatkan hadiah yang sempurna jauh lebih mudah. Tetapi sebelum Anda memulai berbelanja online, pastikan Anda tidak meninggalkan risiko sendiri.

Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang pencopet di dunia maya. Tetapi masih banyak alasan untuk menjaga informasi pribadi dan keuangan Anda. Berikut adalah 10 tip belanja online yang cerdas untuk membantu Anda menjaga informasi Anda. Dari tangan orang-orang yang pasti termasuk dalam daftar nakal.

1. Lewati Kartu Debit

Saat berbelanja online, yang terbaik adalah tetap menggunakan kartu kredit atau layanan pembayaran seperti Paypal. Karena kartu debit ditautkan ke rekening bank Anda, Anda berisiko lebih tinggi jika seseorang dapat meretas informasi Anda. Kartu kredit menawarkan lebih banyak perlindungan dan lebih sedikit kewajiban jika nomor kartu dicuri. Ini adalah satu waktu ketika membayar untuk meletakkannya di atas plastik.

2. Belanja di Situs yang Aman Saja

Sebelum memasukkan informasi pribadi atau keuangan apa pun, pastikan Anda memverifikasi bahwa situs yang Anda buka adalah sah dan aman. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan mencari “https” di awal alamat situs. Jika Anda tidak melihat “s” di akhir “http”, berarti situs tersebut tidak dienkripsi dan data Anda tidak akan aman. Semua situs belanja yang sah akan memiliki “s” untuk melindungi Anda.

3. Perbarui Perangkat Lunak Anda

Memperbarui perangkat lunak Anda adalah salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan. Untuk melindungi informasi Anda, tetapi banyak orang yang menundanya. Pembaruan perangkat lunak sering kali dirilis untuk membantu meningkatkan keamanan dan melawan serangan baru yang terus dikembangkan. Tampaknya tidak nyaman harus menunggu komputer Anda melakukan pembaruan dan memulai ulang, tetapi manfaat perlindungannya sangat berharga. Lain kali Anda melihat peringatan untuk memperbarui perangkat lunak Anda, lakukanlah.

4. Mengakali Penipuan Email

Liburan adalah saat yang tepat bagi penipu email untuk mengirimkan virus dan malware dengan menyamar sebagai hadiah atau penawaran khusus. Jangan buka email dari seseorang yang tidak Anda kenal atau situs yang belum pernah Anda kunjungi. Cara lain yang dilakukan orang jahat untuk mendapatkan Anda adalah dengan pesan palsu dari bank. Atau lembaga keuangan lain yang mengatakan ada peringatan atau masalah dengan akun Anda. Selalu hubungi bank secara langsung untuk memverifikasi potensi masalah. Dan jangan pernah memasukkan informasi rekening Anda untuk membalas email seperti ini.

5. Katakan Tidak untuk Mengklik Link

Selain serangan licik di email, waspadalah terhadap tautan ke penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan di situs jejaring sosial. Nantikan penawaran yang luar biasa serta hadiah dan bonus liburan. Jika Anda benar-benar tergoda oleh suatu tawaran, lakukan riset. Atau cari tahu apakah ada orang lain yang mencoba memanfaatkan kesepakatan tersebut sebelum mengeklik.

6. Tingkatkan Kata Sandi Anda

Ada alasan mengapa nasihat ini mungkin terdengar seperti rekaman rusak – itu sangat penting. Kata sandi yang aman dan unik adalah penjaga gerbang terbaik Anda dalam hal menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda. Jika Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs, luangkan waktu untuk mengubahnya. Jika Anda ingin benar-benar tahan terhadap peretasan, gunakan pembuat dan pengelola kata sandi untuk membantu Anda merancang. Dan melacak jenis kata sandi yang panjang dan rumit yang tidak sepadan dengan waktu peretas untuk membobolnya.

7. Jangan Memberikan Info Lebih Dari Yang Dibutuhkan

Sebagian besar situs web tempat Anda mengunjungi atau berbelanja akan meminta informasi untuk menyelesaikan pembelian Anda atau memulai daftar keinginan. Beri mereka informasi yang mereka minta untuk Anda berikan. Jika alamat lengkap atau nomor telepon adalah opsional, lewati bidang tersebut. Semakin banyak info yang Anda berikan, semakin mudah Anda diakses oleh orang jahat. Dan sebelum memasukkan informasi Anda ke suatu situs, luangkan waktu untuk membaca kebijakan privasi mereka. Dan cari tahu persis di mana dan bagaimana informasi Anda akan dibagikan.

8. Jangan Go Public

Hotspot gratis seperti manna dari surga saat Anda bepergian, tetapi peretas lebih menyukainya daripada Anda. Karena jaringan publik tidak diamankan, informasi apa pun yang Anda masukkan di jaringan publik siap untuk dipilih. Jangan masuk ke situs perbankan atau situs pembayaran seperti Paypal di jaringan publik. Dan pastikan Anda keluar dari situs tersebut di perangkat seluler sebelum terhubung ke jaringan publik.

9. Cerdaslah dalam Aplikasi Belanja

Aplikasi membuat segalanya lebih nyaman, termasuk mencuri informasi pribadi Anda. Hanya unduh aplikasi belanja dari sumber yang dapat diandalkan seperti Apple App Store atau Android Market. Perhatikan izin yang diminta aplikasi. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak masuk akal, seperti akses ke kontak Anda, pastikan Anda tidak mengizinkan aplikasi mengaksesnya. Memeriksa komentar dan ulasan aplikasi sebelum mengunduh adalah cara lain untuk mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan.

10. Taruh di Lockdown

Salah satu keuntungan berbelanja online adalah Anda dapat melakukannya dari mana saja dan menggunakan perangkat apa saja. Pastikan setiap perangkat tempat Anda berbelanja memiliki perangkat lunak keamanan. Selalu gunakan kode sandi untuk mengakses tablet atau ponsel cerdas Anda. Dan log off komputer Anda atau kunci layar saat Anda meninggalkannya. Setelah mengakses situs belanja atau perbankan, pastikan untuk keluar sepenuhnya dari situs sebelum keluar. Dan jangan biarkan komputer atau perangkat Anda mengingat nama pengguna, sandi, atau informasi kartu kredit Anda.

Identitas yang dicuri bahkan lebih buruk daripada segumpal batu bara di stok Anda. Pastikan Anda hanya memiliki kejutan menyenangkan di musim liburan ini dengan tetap berpegang pada tip belanja online cerdas ini. Untuk menjaga Anda dan informasi Anda terlindungi.